SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR & PEMASARAN


SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR

Definisi
Merupakan sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang mencakup seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa



Istilah yang digunakan dalam S.I. Manufaktur :
1. ROP (Reorder Point)
suatu sistem yang mendasarkan keputusan pembelian berdasarkan titik pemesanan kembali.
2. MRP (Material Requirements Planning)
suatu sistem yang dapat dipakai untuk merencanakan kebutuhan berbagai bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi
3. MRP II (Material Resources Planning)
suatu sistem yang memadukan MRP dengan penjadwalan produksi dan operasi pada bengkel kerja. Sistem ini hanya untuk memperkerjakan mesin secara efektif
4. JIT (Just In Time)

suatu pendekatan yang menjaga arus bahan baku melalui pabrik agar selalu dalam keadaan minimum dengan mengatur bahan baku tiba di bengkel kerja pada saat diperlukan atau tepat pada waktu nya
5. CIM (Computer Integrated Manufacturing)
suatu sistem yang menggabungkan berbagai teknik untuk menciptakan proses manufaktur yang luwes, cepat, dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan efisien. CIM menggabungkan robotika, CAM kontrol mesin



SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Pemasaran adalah kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan, pendistribusian, promosi dan penentuan harga barang, jasa dan gagasan. Sistem Informasi Pemasaran merupakan sistem informasi yang menyediakan informasi untuk memecahkan masalah pemasaran perusahaan.


• Prinsip pemasaran
Bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang terdiri dari gabungan unsur 4P :
1. Product
Menyediakan informasi mengenai produk yang dihasilkan
2. Promotion
Menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan dan penjualan langsung
3. Place
Menyediakan informasi tentang jaringan distribusi
4. Price
Menyediakan informasi yang membantu manajer dalam membuat keputusan harga

Kelompok Informasi Pemasaran
1. Informasi Produk
menyangkut produk yang dijual dan produk-produk kompetitor
2. Informasi Promosi
Menyangkut cara, media dan waktu promosi yang dilakukan
3. Informasi Tempat
Menyangkut lokasi atau tempat menjual produk
4. Informasi Harga
Menyangkut harga produk, termasuk harga dari kompetitor



• Penelitian Pemasaran
Melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran untuk tujuan mempelajari kebutuhan konsumen dan meningkatkan efisiensi pemasaran. Data Yang akan dikumpulkan untuk penelitian pemasaran:
1. Data Primer
2. Data Sekunder

Data yang dikumpulkan:
1. Data Primer : data yang dikumpulkan oleh pihak perusahaan
Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data primer :
a. Survey
b. Wawancara mendalam
c. Pengamatan
d. Pengujian terkendali





2. Data sekunder : data yang dikumpulkan oleh pihak lain.
Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data sekunder adalah dengan mencarinya di surat kabar, majalah, buku atau internet.


Bagian dari Sistem Informasi Pemasaran
• Riset Pemasaran (Marketing Research)
berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis semua data pelanggan dan calon pelanggan
• Informasi Pemasaran (Marketing Intelligence)
berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis semua data perusahaan pesaing yang memiliki
hubungan dengan penjualan barang dan jasa dari produsen ke konsumen


Bagian dari Sistem Informasi Pemasaran
• Pemrosesan transaksi
sistem informasi akuntansi yang berhubungan dengan penjualan
• Peramalan Penjualan (Sales Forecasting)
berguna untuk melaksanakan peramalan penjualan







Penulis : Dhanny Himawan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR & PEMASARAN ini dipublish oleh Dhanny Himawan pada hari Jumat, 26 Oktober 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR & PEMASARAN
 

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar bila ada pertanyaan..